Meeting At Tembilahan

Malam ini, malam ke 3 saya menginap ditembilahan bersama Putra, tepatnya di Inhil Sarimas Kelapa untuk update Program SOFI XP, dimana sebelumnya mereka sudah pakai tapi belum maksimal dan belum semua modul dipakai. kurang lebih Jam 12. 00 WIB baru saja selesai meeting dengan Direktur Finance Group Pak Farhan dan Manager Finance Accounting Ibu Dewi, Serta ditemani team IT yang solid Pak Fardo dan Kholil. Rencana awalnya seharusnya kita sudah mulai training langsung ke semua department yang menggunakan program SOFI XP, tapi ternyata ada kendala dalam persiapan data, sementara data yang mau diinput dari bulan Januari 2013, berarti 4 bulan transaksi yang bakalan diinput mundur, sementara transaksi barunya setiap hari bertambah. Akhirnya disepakati tetap pakai database lama tapi transaksinya di Cut Off.

Meeting dimulai jam 3 siang break makan malam dan dilanjut jam 8 setelah sholat isya, mereke mau liat alur kerja disistem SOFI XP melakukan pencatatan seperti apa. sesuai tidak dengan standard accounting diperusahaan mereka.

Habis sholat magrib kita menyiapkan alur transaksi, dari mulai pembelian barang baku seperti kelapa, dan melakukan penjurnalan pada waktu Penerimaan Barang (RecDO) dengan menggunakan account temporary hutang, dimana Jurnalnya Inventory Raw Material Kelapa(D) pada Temporary AP(K), dan akan dijurnal ke AP Trade Payable pada waktu penerimaan Faktur(Invoice) dengan Jurnal Temporary AP (D) pada AP Trade Payable (K). Kemudian dari kelapa tadi yang sudah masuk di Depart RMP dikeluarkan (Stock Issue) dengan Jurnal WIP Material Kelapa(D) pada Inventory Raw Material Kelapa(K), dan menghasilkan Barang setengah jadi berupa White Meat, Cungkil, dll.  dimana dimasukan melalu Module Stock Receipt ( Stock masuk bukan dari pembelian) dan berpindah posisi stok dari Depart RMP ke MP dengan Jurnal Inventory Raw Material White Meat (D) pada WIP Material Kelapa (K).

Setelah itu Dari White meat, Cungkil, dll. kemudian diolah menjadi barang Finish Goods     yang siap dijual, alurnya Masuklah ‘Inventory Finish Goods’ (D) pada Inventory Raw Material White Meat (K).

Masih banyak alur transaksi yang dikupas tadi malam, meliputi pembelian Fixed Asset (dimana didalam Program sudah terdapat module asset, yang nanti akan jurnal auto Biaya penyusutan pada Akum. Penyusutan sesuai dengan metode penyusutan yang diterapkan), Inventory per departement, Sales, Purchase, Prepaid, Receipt, Payment dan masih banyak lagi yang lain yang terlalu panjang kalau saya rinci satu persatu.

Akhirnya malam semakin larut dan merekapun sudah cukup mengerti dengan penjelasan kita, meetingpun ditutup. dan mereka berharap programnya dapat segera dijalankan ke semua departement, dan untuk sekarang baru 2 perusahaan yang mulai, tidak menutup kemungkinan kalau program ini sukses Group-Group yang lain siap menyusul… (amin).

Galeri | Pos ini dipublikasikan di AKUNTANSI, MOTIVASI dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s